Ditemukan, Kerangka Utuh Makhluk Terbesar di Bumi


Ilmuwan menemukan kerangka lengkap pertama dinosaurus sauropod, makhluk terbesar di bumi. Penemuan ini akan mengungkap rahasia evolusi dinosaurus pemakan tumbuhan.

Kerangka dengan panjang 9,1 meter ini lengkap dengan tengkorak sehingga mampu mengungkapkan informasi bagaimana sauropoda berleher raksasa sebesar 36,5 meter tersebut berevolusi menjadi pemakan tumbuhan.

Tulang-tulang ini ditemukan di China Selatan ujar ahli Paleontologi asal Texas, Sankar Chatterjee. Ia berencana untuk mempresentasikan penemuan awal tersebut di pertemuan Geological Society of America, Denver.

"Ini seperti manuskrip. Banyak halaman yang hilang. Kami mencoba untuk mengumpulkannya satu per satu," kata Chatterjee.
"Inilah salah satu informasi yang sempat hilang. Kini, kami akan tahu lebih baik bagaimana perkembangan dinosaurus tersebut."

Kerangka itu berusia sekitar 200 juta tahun di Lufeng, provinsi Yunnan. Kerangka ini mungkin menjadi spesies baru dan diberi nama Yizhousaurus sunae sebagai bentuk penghormatan kepada populasi lokal dan ahli paleontologi asal China.

Setidaknya, enam spesies terkait sauropod juga ditemukan di situs yang sama dengan kerangka yang terbaru ini, ujar Randall Irmis, kurator paleontologi di Utah Museum of Natural History sekaligus asisten profesor di University of Utah.

Kerangka ini menunjukkan bahwa hewan itu berdiri dengan empat kaki. Binatang ini juga memiliki leher panjang, tengkorak yang tinggi dan luas, serta berkubah di sisi mata serta moncong pendek dengan rahang berbentuk U yang luas. Sauropod ini juga memiliki gigi berbentuk sendok sehingga mengindikasikan sebagai pemakan tanaman.

Ilmuwan juga penasaran mengapa hewan raksasa ini hanya makan tanaman saja. "Semua orang suka sauropod karena mereka adalah binatang terbesar yang pernah berjalan di muka bumi. Bahkan, mereka ingin tahu bagaimana perkembangan hewan bertubuh raksasa ini."


Sumber http://forum.vivanews.com/showthread.php?t=47965\


Category Article -- Tampilkan lebih banyak posting klik disini Sitemap

Postingan menarik lainnya :


What's on Your Mind...