Alasan Kenapa SIM C dan A di Batam Rp 700.000?


ilustrasi
Pertanyaan:
SIM A/C Melalui Calo Rp 700 Ribu

Halo Kasatlantas Polresta Barelang, apa syarat membuat SIM dan berapa biayanya? Apa tindakan Kasatlantas terhadap anggotanya yang menjadi calo dalam pembuatan SIM? Soalnya membuat SIM A dan SIM C melalui calo sangat mahal dan menghabiskan dana Rp 700 ribu tanpa melalui ujian praktik, tes kesehatan dan persyaratan lainnya? Mohon tanggapannya? Terima kasih.
Pengirim: +628566880xxxx

Jawaban:
Jangan Buat SIM Melalui Calo

Terima kasih atas pertanyaan yang Anda ajukan. Pemohon datang dengan membawa fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) disertai dengan membawa KTP yang asli. Selain itu juga membawa surat keterangan kesehatan dari dokter yang memuat identitas pemohon, tinggi dan berat badan, golongan darah, tidak buta warna, serta penglihatan dan pendengaran yang baik. Setelah itu pemohon membayar di konter BRI, jika sudah membayar pemohon mengikuti ujian teori.

Apabila dinyatakan lulus ujian teori, pemohon harus mengikuti ujian praktik. Selanjutnya jika dinyatakan lulus, maka si pemohon menuju ruang foto SIM dan SIM yang sudah selesao bisa diberikan kepada pemohon. Tarif pembayaran SIM yang harus dibayar ke BRI sesuai dengan Peraturan
Pemerintah (PP) Nomor 50 Tahun 2010 adalah:

1. Untuk SIM baru A, A Umum, B1, B1 Umum, B2, B2 Umum adalah Rp 120.000,00
2. Untuk SIM perpanjangan A, A Umum, B1, B1 Umum, B2, B2 Umum sebesar Rp 80.000,00
3. Untuk SIM C baru Rp 100.000,00
4. Sim C perpanjangan Rp 75.000,00

Untuk kategori SIM perpanjangan harus mengikuti persyaratan seperti di atas namun tidak mengikuti ujian teori dan praktik. Kami mengharapkan masyarakat jangan percaya dan memberi peluang dalam pembuatan sim melalui calo. Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.

AKP Melda Yani Sik
Kasatlantas Polresta Barelang Kota Batam

Sumber tribunnews.com\


Category Article -- Tampilkan lebih banyak posting klik disini Sitemap

Postingan menarik lainnya :


What's on Your Mind...